Sabtu, 13 Juni 2009

ITB Cultural Tour 2009















Setelah 9 Mei lalu sukses mengadakan Pre-Competition Choir Concert di Aula Barat ITB, Bandung, kali ini 12 Juni 2009, ITB Student Choir, atau Paduan Suara Mahasiswa ITB mengadakan acara serupa dengan tajuk yang sama di Usmar Ismail Hall, Jakarta. Acara ini merupakan rangkaian dari ITB Cultural Tour 2009 yang selanjutnya akan diadakan di berbagai negara, diantaranya tanggal 5 Juli nanti di Czech Republik, 9-15 Juli di Italy, 16-20 Juli di Spanyol dan 21-27 Juli di Perancis.

Acara yang dimulai sejak pukul 19.30 ini cukup memuaskan penonton yang datang. Dengan penampilan pembukaan yang dipimpin oleh, Indra Listiyanto, anak-anak paduan suara ITB terlihat bersemangat menyanyikan lagu “Kita Ciptakan Kemerdekaan” yang memang sudah menjadi “Theme Song-nya” paduan suara ITB sejak tahun 1959. Alunan Sopran, Alto, Tenor dan Bass dari Choirsters ITB terdengar sangat merdu di telinga. Saya sendiri yang memang kurang mengerti paduan suara ikut menikmati lagu. Suasana Usmar Ismail Hall sangat hening saat sang Conductor mengetukan tongkat entah-apanya-itu ke stand yang menyangga rangkaian notes berisikan kunci nada, dan “Kita Ciptakan Kemerdekaan” pun di kumandangkan, terasa tergerak hati Saya ketika lirik terakhir di nyanyikan.

“Kita ciptakan kemerdekaan, keyakinan teguh yang tak bertara, hakikat harapan yang berdebur mengalir dalam jantung kita.”

Wow, sungguh lirik yang (menurut Saya) ditujukan untuk kita kaum muda sebagai penerus perjuangan bangsa, apalagi jika dinyanyikan dengan sempurna seperti itu. Sangat menyentuh! Acara malam tadi, diadakan dua sesi, dan di selipkan The Concert di tengahnya, yang diantara lain Paduan Suara Mahasiswa ITB membawakan 3 buah lagu, water night, Jokpiniana No.1 yaitu sebuah lagu ciptaan Joko Pinurbo dan Karimata Nu Kuicha.

Tiket masuk seharga Rp.200.000,- untuk kelas VVIP yang Saya beli terasa tidak rugi dan memuaskan Saya sebagai penikmat musik, dan Saya yakin penonton yang datang malam tadi sangat terhibur oleh penampilan Paduan Suara Mahasiswa ITB yang tampil elegan dengan balutan busana merah muda untuk wanita, dan hitam untuk pria, ditambah (gosipnya) Usmar Ismail Hall, Jakarta merupakan Hall yang mempunyai struktur bangunan yang mendukung gaung suara yang baik. So, bagi kalian yang ingin menyaksikan acara ITB Cultural Tour 2009, sayang sekali kawan. Acara malam tadi adalah penampilan terakhir mereka di Indonesia, jadi Kalian harus berangkat ke 4 Negara yang Saya sebutkan di atas. Itung-itung sekalian liburan lah..

11 komentar:

  1. emang mereka setelah ini ga bakal nampil2 lagi nda? sampe tahun2 depan juga?

    BalasHapus
  2. cool!
    pgn bgtt gue ke spanyool.. hihiii

    BalasHapus
  3. nadra* ga gitu, dra (salam kenal)..yang dimaksud terakhir disini, acara ITB cultural tour 2009 nya. coba aja dicek tulisannya yaa sundul gaan.hehehe

    arniampvenia* sumpah demi apapun juga gw dukung spanyol eropa kmrn!

    jaringanrasa*viva la gloria!(greenday)

    BalasHapus
  4. tuhkan ITB aja bisa, kenapa kita tidak!? AYOOOO UNPAD MAJU TERUS, bikin acara sampai afrika.jangan mau kalah!!

    -UNPAD FREAK-

    BalasHapus
  5. benar sekali teman teman.
    ITB bisa, kita UNPAD harus lebih bisa. kita udah lumayan kok. udah sampe eropa juga :D

    BalasHapus
  6. Semangaaaat! Pasti kalian bisa! Goodluck yaaaa

    BalasHapus
  7. ngembangin kreatifitas para penerus bangsa emang penting, tidak kalah penting menanamkannya di dalam hati kita masingmasing. nasionalisme, cultural heritage, we love.:)

    BalasHapus
  8. @kadeko : oh iya salam kenal jg gan :beer:
    oh ane kirain ga bakal nampil lagi hehehe. sipp sipp thx buat juragan kadeko!

    @nanda : keep posting juragan nanda! mana postingan baru? ane tunggu hehehe.

    BalasHapus
  9. hai. saya baru baca artikel ini. senang sekali mengetahui penontonnya puas hari itu, dan senang juga bisa jadi trigger buat choir lain. :) tapi saya mau koreksi dikit boleh yaa,hehe.. Lagu "Kita Ciptakan Kemerdakaan" bukanlah Theme Song ITB sejak 1959. Lagu tersebut di-compose oleh Ananda Sukarlan berdasarkan puisi yang dibuat oleh Sapardi Djoko Darmono untuk PSM ITB sebagai peringatan Golden Anniversary ITB tahun 2009 lalu. :)

    ohya,ayo ikutan FPS ITB XXII 2010 dan ITB International Choir Festival 2010,hehe,ngiklan..:)

    Salam,
    Gea - PSM-ITB

    BalasHapus